Peneliti Indonesia

Tidur berlebihan dapat meningkatkan risiko stroke hingga 85 persen

Tidur berlebihan dapat meningkatkan risiko stroke

Tidur berlebihan dapat meningkatkan risiko stroke hingga 85 persen



Tidur memengaruhi setiap aspek kesehatan Anda, dari suasana hati Anda hingga ingatan, hingga kebiasaan berolahraga.



Telah diketahui secara luas bahwa kurang tidur berbahaya dalam banyak cara – tetapi sekarang, penelitian baru menunjukkan bahwa terlalu banyak tidur juga merusak. Tidur secara teratur selama lebih dari sembilan jam pada suatu waktu dan tidur siang yang panjang telah terbukti meningkatkan risiko seseorang terkena stroke.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Struktur Atom dari Protein Alzheimer

Para peneliti menganalisis pola tidur 31.750 orang di China selama enam tahun. Usia rata-rata adalah 62 tahun, dan penelitian mengontrol faktor risiko stroke lainnya, seperti merokok, minum, dan riwayat stroke dan masalah jantung lainnya.

Selayaknya makan dan olahraga, tidur juga menjadi bagian penting dalam hidup manusia.

Responden yang tidur lebih dari sembilan jam per malam memiliki risiko stroke 23 persen lebih tinggi. Mereka yang sering tidur siang di siang hari lebih dari 90 menit mengalami peningkatan risiko 25 persen. Bagi orang yang tidur lebih dari sembilan jam dan tidur siang di siang hari lebih dari 90 menit, risiko stroke melonjak hingga 85 persen.



Baca Juga: Tingkat Bunuh Diri Dokter Tertinggi dari Setiap Profesi

Alasan di balik hubungan itu tidak jelas bagi para peneliti, tetapi mereka mencatat bahwa peningkatan durasi tidur juga terkait dengan peningkatan peradangan dan berat badan, di antara faktor-faktor lain yang diketahui secara negatif mempengaruhi jantung. Tidur memiliki “distribusi bi-modal,” kata Sheila Garland, seorang psikolog klinis terdaftar dan asisten profesor di Memorial University di Newfoundland dan Labrador. Ini berarti ada dua mode tidur: terlalu sedikit dan terlalu banyak.

“Tidak baik tidur terlalu sedikit, tetapi juga tidak baik untuk tidur terlalu banyak,” katanya.

Baca Juga: Ikan Bertulang Terbesar di Dunia

Masalahnya bagi para peneliti adalah tidur yang berlebihan dapat menjadi penyebab dan gejala: Ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya terjadi, tetapi juga dapat menjadi gejala dari kondisi kesehatan lain yang mendasarinya.

Tidur berlebihan dapat meningkatkan risiko stroke
Tidur berlebihan dapat meningkatkan risiko stroke hingga 85 persen


“Ini rumit karena Anda tidak tahu apakah itu dikompromikan oleh kondisi kesehatan yang ada sebelumnya … membuatnya lebih mungkin bahwa Anda akan meningkatkan durasi tidur Anda, atau bahwa peningkatan durasi itu sendiri membuat Anda lebih cenderung memiliki kondisi kesehatan, ” dia berkata.

Gangguan tidur seperti hipersomnia dan apnea tidur dapat memengaruhi panjang siklus tidur seseorang. Gangguan mood adalah penyebab umum lainnya.

Baca Juga: Kenapa Hewan Kecil Siput Punya 4 Hidung

“Seringkali, orang-orang dengan gangguan mood seperti depresi akan melihat peningkatan jumlah waktu mereka tidur,” kata Garland. “Salah satu karakteristik utama dari depresi adalah tidur yang terlalu sedikit atau berlebihan. Itu perlu dipertimbangkan. “

Dalam menentukan mengapa seseorang tidur terlalu banyak (atau terlalu sedikit), kondisi fisik dan psikologis harus dipertimbangkan.

Charles Morin, peneliti kedokteran perilaku tidur dan profesor di Universitas Laval di Quebec City, telah melihat skenario ini berkali-kali sebelumnya.

Baca Juga: Sejarah singkat mandi

“Kami sudah lama berpikir bahwa insomnia hanyalah gejala depresi, dan jika kami mengobati depresi, itu akan menangani masalah insomnia secara otomatis,” katanya. “Bukan itu masalahnya.”

Orang tanpa depresi dapat mengalami insomnia, tetapi kondisi tidur dapat sangat meningkatkan risiko terkena depresi di kemudian hari, kata Morin. “Jika seseorang sekarang berjuang dengan depresi dan insomnia, kami sarankan mereka menerima perawatan untuk kedua kondisi tersebut,” katanya.

Tidur adalah salah satu dari tiga “pilar penting kesehatan,” bersama dengan nutrisi dan olahraga yang baik, kata Morin.
Kisah berlanjut di bawah iklan. Apa yang disebut tidur nyenyak berbeda untuk semua orang, tetapi sebagian besar orang dewasa harus tidur tujuh hingga delapan jam semalam, katanya.

SUMBER

Partisipasi dalam persiapan Artikel ini :
PENERJEMAH : Ismail
PENGOREKSI ILMIAH : Afif
PENGOREKSI BAHASA : Susi
DESAIN GAMBAR : Farriz

Tambahkan komentar

Most Viewed Posts

Follow us

Jangan malulah, hubungi. Kami senang bertemu dengan orang yang menarik dan mencari teman baru.