Peneliti Indonesia

Banyak duduk, Kurang Olahraga Mempercepat Penuaan

Periset di University of California San Diego School of Medicine melaporkan bahwa wanita lanjut usia yang duduk lebih dari 10 jam sehari dengan aktivitas fisik rendah memiliki sel yang secara biologis

Banyak duduk, Kurang Olahraga Mempercepat Penuaan

P eriset di University of California San Diego School of Medicine melaporkan bahwa wanita lanjut usia yang duduk lebih dari 10 jam sehari dengan aktivitas fisik rendah memiliki sel yang secara biologis berusia delapan tahun dibandingkan wanita yang kurang tanggap. Penelitian tersebut, yang dipublikasikan secara online pada 18 Januari di American Journal of Epidemiology , menemukan wanita lanjut usia kurang dari 40 menit aktivitas fisik sedang-ke-kuat per hari dan yang tetap tidak duduk selama lebih dari 10 jam per hari memiliki telomeres lebih pendek – topi kecil Ditemukan di ujung untai DNA, seperti tipikal tali sepatu, yang melindungi kromosom dari kemunduran dan semakin memperpendek usia.
Sebagai usia sel, telomernya secara alami memperpendek dan keributan, namun faktor kesehatan dan gaya hidup, seperti obesitas dan merokok, dapat mempercepat proses itu. Singkatnya telomere dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular, diabetes dan kanker mayor.

 

“Studi kami menemukan sel-sel usia lebih cepat dengan gaya hidup yang tidak banyak. Usia kronologis tidak selalu sesuai dengan usia biologis,” kata Aladdin Shadyab, PhD, penulis utama studi tersebut dengan Departemen Kesehatan Keluarga dan Kesehatan Masyarakat di UC San Diego School of Medicine .

Shadyab dan tim peneliti percaya bahwa mereka yang pertama secara obyektif mengukur bagaimana kombinasi waktu dan olahraga yang tidak banyak dapat mempengaruhi biomarker penuaan.
Hampir 1.500 wanita, usia 64 sampai 95 tahun, berpartisipasi dalam penelitian ini. Wanita tersebut adalah bagian dari Prakarsa Kesehatan Wanita yang lebih besar, sebuah studi longitudinal nasional yang menyelidiki faktor penentu penyakit kronis pada wanita pascamenopause. Para peserta menyelesaikan kuesioner dan memakai akselerometer di pinggul kanan mereka selama tujuh hari berturut-turut saat bangun tidur dan berjam-jam untuk melacak gerakan mereka.

 

“Kami menemukan bahwa wanita yang duduk lebih lama tidak memiliki panjang telomere yang lebih pendek jika mereka berolahraga setidaknya 30 menit sehari, pedoman yang direkomendasikan nasional,” kata Shadyab. “Diskusi tentang manfaat latihan harus dimulai saat kita muda, dan aktivitas fisik harus terus menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari seiring bertambahnya usia, bahkan pada usia 80 tahun.”
Shadyab mengatakan studi masa depan akan memeriksa bagaimana olahraga berhubungan dengan panjang telomere pada populasi yang lebih muda dan pada pria.

SUMBER

Partisipasi dalam persiapan Artikel ini :
PENERJEMAH : Ismail
PENGOREKSI ILMIAH : Danil
PENGOREKSI BAHASA : Nayla
DESAIN GAMBAR : latifah

 

 

 

 

 

 

1 Komentar

Most Viewed Posts

Follow us

Jangan malulah, hubungi. Kami senang bertemu dengan orang yang menarik dan mencari teman baru.