Peneliti Indonesia

Beras Merah vs Beras Putih: Mana yang Lebih Baik untuk Anda?

Tidak seperti nasi putih, beras merah biasanya merupakan sumber magnesium yang baik. Rata-rata porsi nasi merah yang dimasak, kira-kira 1/2 cangkir, bisa memberi sekitar 11 persen jumlah magnesium yang direkomendasikan harian Anda.

S emua nasi putih mulai beras merah. Proses penggilingan menghilangkan sekam padi, dedak, dan kuman.

Proses ini meningkatkan umur simpan beras putih namun menghilangkan banyak nutrisi, termasuk serat, vitamin, dan mineral.

Untuk mengatasi hal ini, nasi putih diperkaya secara artifisial dengan nutrisi. Butir halus juga dipoles agar tampak lebih enak.

Kacang putih dan beras merah tinggi karbohidrat. Beras merah adalah gandum utuh. Ini mengandung lebih banyak nutrisi secara keseluruhan daripada rekannya yang lebih pucat.

Makanan whole grain dapat membantu mengurangi kolesterol dan menurunkan risiko stroke, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Informasi gizi di bawah ini didasarkan pada ukuran porsi 1/3 cangkir nasi. Rincian nutrisi untuk beras putih didasarkan pada informasi gizi rata-rata.

Untuk nasi putih gabah yang ditemukan di Database Bina Gizi Pertanian Departemen Pertanian. Rincian beras merah didasarkan pada 1/3 cangkir nasi merah tua yang dimasak.

Gizi Mengimbangi Nasi Merah dan Nasi Putih

Gizi Mengimbangi Nasi Merah  Nasi Putih
Energi 82 Kalori 68 Kalori
Protein 1.83 g 1.42 g
Total Lipid (Lemak) 0.65 g 0.15 g
Karbohidrat 17.05 g 14.84 g
Serat, Total Makanan 1.1 g 0.2 g
Gula, Total 0.16 g 0.03 g
Kalsium 2 mg 5 mg
Besi 0.37 mg 0.63 mg
Sodium 3 mg 1 mg
Asam Lemak, Total Jenuh 0.17 g 0.04 g
Asam lemak, Total Trans 0 g 0 g
Kolesterol 0 mg 0 mg

Rincian nutrisi yang tepat bervariasi tergantung produsen. Produsen bertanggung jawab untuk menyediakan informasi nutrisi dan bahan yang akurat.

PERBEDAAN GIZI KUNCI

Perbedaan Gizi Utama

Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara nasi putih dan beras merah.

Komponen nutrisi yang tepat akan bervariasi tergantung pada produsen beras, jadi pastikan untuk membaca label makanan pada nasi yang Anda beli.

Serat

Beras merah umumnya lebih tinggi seratnya daripada nasi putih. Ini biasanya menyediakan 1 sampai 3 g serat lebih banyak daripada jumlah nasi putih yang sebanding.

Meskipun serat paling dikenal untuk menghilangkan sembelit, ia menawarkan sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Ini bisa membantu Anda:

  1. Merasa lebih cepat lebih cepat, yang dapat membantu dalam manajemen berat badan
  2. Menurunkan kadar kolesterol Anda
  3. Mengontrol kadar gula darah Anda, mengurangi risiko diabetes
  4. Kurangi risiko penyakit jantung
  5. Memelihara bakteri usus Anda
  6. Umumnya, pria di bawah usia 50 membutuhkan 38 g serat per hari, dan pria berusia 51 tahun atau lebih membutuhkan 30 g.
  7. Wanita di bawah usia 50 tahun biasanya membutuhkan 25 g per hari, dan wanita berusia 51 tahun atau lebih membutuhkan 21 g.

Jumlah serat harian Anda disarankan berdasarkan beberapa faktor, termasuk usia dan asupan kalori, jadi bicarakan dengan dokter Anda jika Anda tidak yakin dengan jumlah yang Anda butuhkan.

Mangan

Mangan adalah mineral yang sangat penting untuk produksi energi dan fungsi antioksidan. Beras merah merupakan sumber gizi yang sangat baik, sedangkan nasi putih tidak.

Selenium

Beras merah merupakan sumber selenium yang baik, yang berperan integral dalam produksi hormon tiroid, perlindungan antioksidan, dan fungsi kekebalan tubuh. Selenium juga bekerja dengan vitamin E untuk melindungi sel dari kanker.

Magnesium

Tidak seperti nasi putih, beras merah biasanya merupakan sumber magnesium yang baik. Rata-rata porsi nasi merah yang dimasak, kira-kira 1/2 cangkir, bisa memberi sekitar 11 persen jumlah magnesium yang direkomendasikan harian Anda.

Magnesium diperlukan untuk banyak fungsi vital, termasuk:

  1. Pembekuan darah
  2. Kontraksi otot
  3. Produksi seluler
  4. Perkembangan tulang

Asupan harian yang direkomendasikan dari nutrisi penting ini ditentukan oleh jenis kelamin dan usia. Wanita yang sedang hamil atau menyusui biasanya membutuhkan asupan harian yang lebih tinggi.

Kebutuhan rata-rata orang dewasa antara 270 dan 400 mg setiap hari.

Folat

Diperkaya nasi putih merupakan sumber folat yang baik. Rata-rata 1 cangkir penyajian dapat mengandung 195 sampai 222 mikrogram (mcg) folat, atau sekitar setengah dari jumlah yang direkomendasikan harian Anda.

Folat membantu tubuh Anda membuat DNA dan bahan genetik lainnya. Ini juga mendukung pembelahan sel.

Meskipun folat merupakan nutrisi penting bagi semua orang, ini sangat penting bagi wanita hamil atau berencana untuk hamil.

Nilai harian yang disarankan untuk kebanyakan orang dewasa adalah sekitar 400 mcg.

Wanita yang sedang hamil harus mengkonsumsi 600 mcg, dan wanita yang sedang menyusui harus mendapatkan 500 mcg.

Resiko

Beras diketahui terkontaminasi dengan arsenik, apakah putih, coklat, organik, atau konvensional.

Faktanya, Administrasi Makanan dan Obat-obatan A.S. mengeluarkan sebuah pernyataan yang membuat ibu hamil dan orang tua tidak suka menggunakan nasi atau sereal padi sebagai bahan pokok utama karena kontaminasi arsenik.

Arsenik adalah logam berat yang diakumulasi tubuh dari waktu ke waktu dan tidak dapat diekskresikan.

Jadi sangat bijaksana juga bagi orang dewasa untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan dan biji-bijian untuk membatasi paparan arsenik mereka pada padi.

 

SUMBER

Partisipasi dalam persiapan Artikel ini :
PENERJEMAH : Ismail
PENGOREKSI ILMIAH : Dewi
PENGOREKSI BAHASA : Nayla
DESAIN GAMBAR : Latifah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tambahkan komentar

Most Viewed Posts

  • Kulit Tampak Kusam? Saatnya Melirik Acid Toner! (27,466)
    Bagi sebagian orang toner sangat penting karena membuat wajah menjadi lebih segar.
  • Bahaya Penyakit Myiasis! Belatung Hidup Ditubuh Anda (24,234)
    Penyakit myiasis itu adalah investasi larva lalat yang menyerang jaringan hidup tuannya, baik itu jaringan hidup atau mati.
  • Zat Makanan Yang Diperlukan Tubuh (16,317)
    Makanan yang kita makan sehari-hari sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi, pertumbuhan, dan untuk menjaga kesehatan. Kita memerlukan makanan yang mengandung nutrient dalam jumlah tepat dan seimbang.
  • 8 Cara Mengatasi Telinga Bindeng Paling Ampuh (12,949)
    Campurkan cuka apel dan alkohol isopropil untuk digunakan sebagai obat tetes telinga. Campuran keduanya berguna untuk mengatasi telinga bindeng akibat adanya penumpukan dan pengerasan kotoran di dalam saluran telinga.
  • Tabel Periodik Semua Unsur Kimia (11,539)
    Tabel periodik Mendeleev telah dikembangkan dan dilengkapi dengan penemuan atau sintesis unsur-unsur baru dan pengembangan model teoretis baru untuk menjelaskan perilaku kimia.

Follow us

Jangan malulah, hubungi. Kami senang bertemu dengan orang yang menarik dan mencari teman baru.