Peneliti Indonesia

Membentuk Kembali Pohon Kehidupan Ilmuwan Charles Darwin

P ara ilmuwan mengusulkan sebuah paradigma baru yang melukiskan gambaran yang lebih inklusif mengenai evolusi organisme dan ekosistem

Pada tahun 1859, Charles Darwin memasukkan pohon kehidupan baru dalam buku jejaknya tentang teori evolusi, On the Origin of Species.

Kini, para ilmuwan ingin membentuk kembali pohon Darwin.

Ini adalah simbiosis antara Azolla air paksa dan cyanobacterium Anabaena yang diwarisi secara vertikal melalui aparatus mega-spora pakis.

Ini adalah bagian melintang yang menunjukkan megaspore (M), floats (F), dan cyanobacteria (C; red region).

Sekarang, para ilmuwan dari Rutgers University-New Brunswick dan kolaborator internasional mereka ingin membentuk kembali pohon Darwin.

Sebuah era baru dalam sains telah muncul tanpa jalan yang jelas untuk menggambarkan dampak mikroba di pohon kehidupan.

Yang dibutuhkan adalah pendekatan interdisipliner untuk mengklasifikasikan kehidupan yang menggabungkan spesies yang tak terhitung jumlahnya yang bergantung satu sama lain untuk kesehatan dan kelangsungan hidup.

Seperti bakteri beragam yang hidup berdampingan dengan manusia, karang, ganggang dan tumbuhan, menurut para periset.

Yang makalahnya dipublikasikan secara online. dalam jurnal Trends in Ecology and Evolution.

“Menurut pendapat kami, seseorang seharusnya tidak mengklasifikasikan bakteri atau jamur yang terkait dengan spesies tanaman dalam sistem filogenetik yang terpisah (pohon kehidupan) karena mereka adalah satu unit kerja evolusi,”

Kata penulis senior kertas Debashish Bhattacharya, profesor terkemuka, Departemen Ekologi, Evolusi dan Sumber Daya Alam, di Rutgers School of Environmental and Biological Sciences.

“Tujuannya adalah untuk mengubah pohon dua dimensi menjadi satu yang multi dimensi dan mencakup interaksi biologis antar spesies.”

Pohon kehidupan memiliki cabang yang menunjukkan betapa beragam bentuk kehidupan, seperti bakteri, tumbuhan dan hewan, berevolusi dan saling terkait satu sama lain.

Sebagian besar keanekaragaman hayati bumi terdiri dari mikroba, seperti bakteri, virus dan jamur, dan mereka sering berinteraksi dengan tumbuhan, hewan dan makhluk lain dengan cara yang menguntungkan atau berbahaya.

Bentuk kehidupan yang terkait secara fisik dan berkembang bersama (yaitu bergantung pada sesama) disebut symbiom, kata surat kabar tersebut.

Penulis mengusulkan sebuah kerangka kerja kehidupan baru yang menggabungkan symbiom. Ini disebut SYMPHY, singkatan dari symbiome filogenetika.

Idenya adalah menggunakan metode komputasi yang canggih untuk melukis gambar evolusi organisme dan ekosistem yang jauh lebih luas dan lebih inklusif.

Pohon hidup hari ini gagal mengenali dan memasukkan simbiosis. Sebaliknya, sebagian besar berfokus pada spesies dan garis keturunan individu.

Seolah-olah mereka tidak bergantung pada cabang pohon pohon yang lain, kata surat kabar tersebut.

Penulis percaya bahwa pohon kehidupan yang disempurnakan akan memiliki dampak transformatif yang luas dan mungkin terjadi di banyak bidang sains, teknologi dan masyarakat.