Peneliti Indonesia

Mencegah Keseleo dan Ketegangan Pada Olahraga

U ntuk membantu mencegah keseleo dan ketegangan

Anda harus melakukan pemanasan dengan benar sebelum berolahraga dan memakai alas kaki yang sesuai. Latihan pengondisian dan penguatan juga bisa membantu.

Penguatan dan Pengkondisian

  • Termasuk latihan peregangan dan penguatan reguler sebagai bagian dari program pengkondisian fisik secara keseluruhan dapat mengurangi risiko keseleo dan ketegangan dengan membantu sendi Anda tetap kuat dan fleksibel.
  • Jika Anda rentan terhadap keseleo dan ketegangan, merekam, mengikat atau membungkus lutut, pergelangan kaki, pergelangan tangan atau siku dapat membantu saat Anda pulih dari cedera dan saat pertama kali kembali ke aktivitas rutin.
  • Tapi bagi kebanyakan orang, rekaman, tegap atau pembungkus seharusnya hanya merupakan tindakan pelindung jangka pendek.
  • Anda dapat melindungi sendi Anda dalam jangka panjang dengan memperkuat dan mengkondisikan otot-otot di sekitar mereka.
  • Mengenakan alas kaki yang sesuai
  • Selalu pakai alas kaki yang mendukung dan melindungi kaki dan pergelangan kaki Anda, apakah Anda sedang bekerja, pulang atau berolahraga.
Dokter memeriksa gambar X-ray sementara kaki terkilir pasien beristirahat di tangannya

Juga, pastikan alas kaki Anda sesuai dengan jenis aktivitas yang Anda lakukan, dan semua sepatu Anda dalam kondisi baik.

  1. Misalnya, hindari memakai sepatu dengan tumit bekas di satu sisi karena bisa meningkatkan risiko cedera.
  2. Jika Anda memakai sepatu hak tinggi, Anda lebih cenderung menyengat pergelangan kaki daripada jika Anda memakai sepatu datar.
  3. Lakukan pemanasan dengan benar sebelum berolahraga dan dinginkan dengan benar sesudahnya.
  4. Jangan berolahraga atau berolahraga saat Anda lelah.
  5. Lakukan tindakan pencegahan agar tidak jatuh, jaga agar tetap tangga, jalan setapak, kebun dan jalan masuk bebas dari kekacauan
  6. Dan di musim dingin beri pasir atau garam di tempat yang dingin di luar rumah Anda.
  7. Bila memungkinkan, hindari berlari atau berjalan di permukaan yang tidak rata.
  8. Makan makanan seimbang dan sehat untuk membantu menjaga sendi dan otot Anda tetap kuat.

SUMBER 

Partisipasi dalam persiapan Artikel ini :
PENERJEMAH : Ismail
PENGOREKSI ILMIAH : Dewi
PENGOREKSI BAHASA : Nayla
DESAIN GAMBAR : Latifah

 

Tambahkan komentar

Follow us

Jangan malulah, hubungi. Kami senang bertemu dengan orang yang menarik dan mencari teman baru.