Peneliti Indonesia

Mengapa ada lubang hitam Black Hole di tengah galaksi

P ada waktu baru-baru ini, para ilmuwan Astronomi sudah mengetahui bahwa ada lubang hitam (Black Hole) di tengah-tengah galaksi. Lubang hitam ini sangat hitam, lubang hitam tidak dapat dilihat, bahkan dengan peralatan paling mutakhir pun. Sementara Einstein telah  memprediksikan bahwa ada lubang hitam di alam semesta, dan baru pada tahun 1967 ,  nama ‘lubang hitam’ tersebut dibuat dan kemudian ditemukan bahwa ada lubang hitam besar di hampir setiap galaksi besar. Hal ini agak sulit untuk dapat melihat sesuatu seperti lubang hitam, tetapi kita harus melihat hal itu untuk mempelajarinya. Alam semesta memberi kita sedikit bantuan, karena sementara kita mungkin tidak melihat lubang hitam, kita bisa melihat cahaya dari segala sesuatu yang mengkonsumsi.

Proses terjadinya lubang hitam di galaksi

Para ilmuwan berpikir bahwa lubang hitam dibuat ketika sebuah bintang raksasa mati dalam ledakan supernova dan gravitasi yang begitu besar sehingga menghancurkan ke dalam dirinya sendiri dengan kekuatan sedemikian rupa sehingga mengalahkan semua kekuatan lain. Berkembang karena  gaya tarik gravitasi yang kuat yang bahkan cahaya pun bisa lepas. Hal ini terus menarik semua yang dilaluinya ke dalam dirinya. Lubang hitam menyebut proses tersebut dengan masuk ke dalam lubang hitam.

Karena ada begitu banyak bintang yang telah mati sebagai supernova, itu berpikir bahwa ada jutaan, mungkin miliaran lubang hitam di alam semesta. Kekuatan lubang hitam lebih besar dari apa pun yang telah ditemukan sejauh ini, dan para ilmuwan percaya bahwa  gravitasi besar ini perlahan-lahan menarik di bahan-bahan yang terbuat dari galaksi selama pembuatan lubang hitam.

Ketika bahan ditarik lebih dekat dengan lubang hitam, sebagian dapat masuk ke dalam lubang hitam, tetapi bagian lain yang di luar jangkauan gravitasi tersebut tidak dapat dimasukannya. Diperkirakan bahwa gravitasi lubang hitam dapat menjalankan  galaksi baru untuk memulai berputar. Semua matahari dan planet-planet yang ‘di luar jangkauan’ dari lubang hitam terus berputar di sekitarnya. Apa pun yang terlalu dekat, akan cepat ‘dimasukkan ke dalam lubang hitam tersebut’.

Satu-satunya cara para ilmuwan dapat mengamati lubang hitam adalah dengan mengamati apa yang terjadi ketika sesuatu terlalu dekat dengan lubang hitam tersebut. Hal ini dapat berupa awan debu, planet atau bahkan bintang. Sebagai objek mendekati, itu perlahan-lahan ditarik terpisah dan mengeluarkan sinar-x yang kita dapat mengukurnya. Dalam beberapa kasus, awan gas dapat diterangi cahaya matahari dan kita bisa benar-benar ‘melihat’ lubang hitam di tengah, karena itu satu-satunya hal yang benar-benar hitam.

Lubang hitam hanya aktif ketika lubang hitam memiliki sesuatu untuk dimasukkan ke dalam lubang hitam tersebut. Jika tidak ada sesuatu yang cukup dekat, lubang hitam pergi ke apa yang disebut siklus ‘aktif’. Lubang hitam masih berbahaya, dan dengan cepat akan menjadi aktif lagi jika terjadi sesuatu cukup dekat. Lubang hitam diyakini berada di pusat setiap galaksi karena lubang hitam memiliki kekuatan gravitasi tersebut dan kekuatan bahwa lubang hitam dapat menarik sisa debu, asteroid,planet dan matahari dekat dengan itu.

Apa pun yang sekitar selama ledakan bintang yang pergi supernova akan ditarik ke dalam gravitasi dan pusaran  dari lubang hitam.Segala sesuatu yang hanya cukup jauh akan membentuk galaksi.

SUMBER

Partisipasi dalam persiapan Artikel ini :
PENERJEMAH : Ismail
PENGOREKSI ILMIAH : Rahayu
PENGOREKSI BAHASA : Nayla
DESAIN GAMBAR : latifah

1 Komentar

Follow us

Jangan malulah, hubungi. Kami senang bertemu dengan orang yang menarik dan mencari teman baru.